Buka SKPP di Morowali, Afifuddin Inginkan Alumni jadi Mitra Bawaslu

0 102

BUKA SKPP DI MOROWALI, AFIFUDDIN INGINKAN ALUMNI JADI MITRA BAWASLU

Palu, Bawaslu Sulteng – Anggota Bawaslu Republik Indonesia Afifuddin resmi membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Dasar Tahun 2021 di Kabupaten Morowali melalui saluran Zoom Meeting, Kamis (09/09/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Afifuddin mengungkapkan apresiasinya kepada Bupati Morowali yang sudah berkenan hadir dalam pembukaan kegiatan SKPP Dasar. Juga apresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Morowali dan Morowali Utara yang mampu menggelar kegiatan tersebut dengan mengantongi izin dari Satgas Covid-19.

Selanjutnya Afifuddin menyebut Indonesia sebagai salah satu negara yang penerapan Pemilunya baik, tetapi dengan sistem yang kompleks. Hal tersebut karena Pemilunya dilaksanakan dalam waktu satu hari dan jumlah pemilih yang sangat tinggi berbeda dengan Negara lainnya.

Menurut Afifuddin penting bagi Bawaslu untuk menjelaskan kepada peserta SKPP tentang Pentingnya pertimbangan proses Pemilu di Indonesia tidak mendadak “ada proses kelembagaan Bawaslu dan KPU, munculnya lembaga Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu dan beberapa aturan tentang pemilih, selain itu ada proses lain seperti perbandingan proses Pemilu di Negara-negara lain” tutur Afifuddin.

Sebelum menutup sambutannya, Afifuddin berharap, dimanapun kader pengawas berada, jika nantinya akan menjadi bagian pengawas pemilu atau bahkan menjadi tokoh penting  di Sulawesi Tengah dan Morowali khususnya, maka harus memiliki perspektif pengawasan yang baik. Sehingga Bawaslu bisa berharap banyak.

“Gali terus potensi kalian, bagaimana dan dimanapun kita berperan, perspektif pengawasan atau cara pandang pengawasan, bagaimana kita memposisikan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh, bagaimana kita melihat potensi pelanggaran agar dalam melakukan kerja-kerja sesuai dengan profesi kita, perspektif kita, cara pandang kita untuk menuju demokrasi yang lebih baik”

Terakhir, Afifuddin mengatakan “setelah kegiatan ini kalian semua akan menjadi mitra pengawas Bawaslu, paling tidak menjadi alumni SKPP yang dapat terkoneksi dengan sepuluh ribu kader pengawas partisipatif tahun 2021. Dan juga sudah ada duabelas ribu kader pengawas partisipatif daring dan alumni SKPP tahun sebelumnya dan itu merupakan suatu kebanggan untuk kita” tuturnya mengakhiri sambutan.

Sebelumnya Bawaslu telah sukses menggelar SKPP Dasar titik pertama di Kabupaten Parigi Moutong kemudian di titik kedua di Kabupaten Buol, selanjutnya menuju titik ke 3 di Provinsi Sulawesi Tengah, SKPP Dasar kembali digelar di Kabupaten Morowali.

Penulis/Foto: Muthia

Kolom Komentar Anda :

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.