Setelah Magang, Mahasiswa Diharapkan Menjadi Agent Pengawasan

0 142

Setelah Magang, Mahasiswa Diharapkan Menjadi Agent Pengawasan

Palu, Bawaslu Sulteng – Pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tengah (Bawaslu Sulteng) merespon positif kehadiran mahasiswa magang dari Universitas Tadulako dan Institut Agama Islam Negeri Palu (IAIN Palu) di Kantor Bawaslu Sulteng.

Selama satu bulan mahasiswa magang ini akan dibekali dengan informasi dan dinamikan pelaksanaan tugas dan wewenang Bawaslu. Selain itu, mereka juga diberikan edukasi terkait kerja pengawasan sehingga dapat menjadi mata dan telinga Bawaslu dalam tahapan pemilihan kepala daerah.

Kabag Hukum Humas dan Datin Bawaslu Sulteng, Rahmat Latjinala berharap mahasiswa magang juga dapat berperan secara aktif melakukan pengawasan pemilu.

“Pengawasan pemilu bisa dimulai dari lingkup paling kecil yaitu keluarga kemudian lingkungan sekitar apalagi saat ini sudah memasuki tahap kampanye,” ucapnya.

Selanjutnya ia juga menjelaskan magang merupakan proses belajar secara langsung sehingga mahasiswa dapat meningkatkan ketrampilan serta keahlian praktik kerja.

“Selama magang di Bawaslu, kalian dapat mengasah keterampilan kalian di lingkup kerja serta mengetahui seperti apa tugas pengawas pemilu,” jelasnya.

Hal Senada juga diungkapkan ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen, setelah menyelesaikan program magang nanti mahasiswa tersebut dapat menjadi agent pengawasan yang handal dan mampu mengedukasi pengawasan pemilu bagi masyarakat.

“Semoga mahasiswa magang ini, dapat memetik pelajaran dan ilmu pengawasan pemilihan kepala daerah, dengan berbagai tantangan dan dinamikanya,” ungkapnya.

Mengangkut aspek pengawasan, penindakan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa proses pemilihan kepala daerah.

Kolom Komentar Anda :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.